UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Memahami Kartu Tarot | Cara Cepat Bisa Membaca Arti Kartu Tarot


Inilah bagian tersulit yang harus benar-benar dilalui oleh orang yang pertama kali belajar tarot. Beberapa orang malah menyangkal dan menolaknya, dimana yang harus mereka lalui untuk pertama kali adalah menghafal ke semua kartu dulu.

Pengertian menghafal menurut dalam hal ini adalah mengenal, mempelajari, mencerna, mencari interpretasi dan akhirnya menemukan kata kunci. Karena layaknya orang awam yang belum pernah mengenal kartu tarot. 

Ini sama dengan perumpamaan anak yang diharuskan mengenal perkalian tapi belum mengenal angka, dia harus memulai tahap menghafal angka itu satu persatu dan tentu saja setelah melewati itu dia akan tetap harus menghafal pula dasar perkalian yang harus diingat baru nanti dikenali. 

Berulangkali Anda hafalkan, hingga hanya dengan mendengar nama kartu saja Anda tahu bahwa kata kuncinya apa dan apa saja kata yang mendukung di belakangnya.

Di bagian ini, anda harus selalu meminta untuk memperhatikan detail kartu, ceritakan isi gambarnya dengan bahasa dan pemahaman sendiri dan menemukan kata kunci utama untuk menamai kartu tersebut dan menemukan kata kunci tambahan yang berhubungan dengan kartu tersebut sebanyak-banyaknya.

Anda boleh bebas, sebebas mungkin untuk menginterpretasikan sesuai yang Anda alami, pikirkan, dan rasakan. Sehingga interpretasi nanti akan semakin banyak dan akan fleksibel sesuai dengan kasus dan bacaan yang sedang Anda hadapi.

Dan di bagian ini, menghafalkan sekali lagi menjadi hal yang penting bagi Anda, mengingat kartu kartu ini nanti tentu saja menanti istilah yang Anda temukan berdasarkan hasil pencerapan Anda sendiri.

Berikut beberapa arti dan kata kunci dari Kartu Raider Waite yang terdiri dari 78 kartu yang terbagi menjadi dua bagian:

1. Mayor Arkana

Semua kartu Mayor Arkana menggambarkan kondisi stabil karakter dari manusia dari lahir hingga tua nanti. Dia merupakan karakter kuat dan mewarnai kehidupannya. Dia adalah iklim bila diumpamakan sebagai kondisi udara. 

Penggambaran detail karakter atau gambar akan melahirkan interpretasi yang akan mewakili kartu itu sendiri. Interpretasi ini begitu luas dan beraneka ragam dan penulis hanya akan menuliskan beberapa contoh saja. Terdiri dari 22 kartu yang bertuliskan angka dari 0 hingga 21.

JENIS KARTU DAN KETERANGAN :

0. THE FOOL (Si Bodoh) : Awal, spontan, yakin pada diri sendiri, masa bodoh.

I. THE MAGICIAN (Pria) : Aktif, tindakan, kesadaran, konsentrasi, kekuatan.

II. HIGH PRIESTESS (Wanita) : Pasif, ketidaksadaran, potensi,  misteri.

III. THE EMPRESS (Ibu) : Keibuan, berlimpahruah, bijaksana, alamiah.

IV. THE EMPEROR (Bapak) : Kebapakan, terstruktur, kekuasaan, peraturan.

V. THE HIEROPHANT  (Aturan) : Pendidikan, sistem kepercayaan, kecocokan, kelompok.

VI. THE LOVERS (Jodoh) : Hubungan, seksualitas, kecocokan, intim.

VII. CHARIOT (Kesempurnaan) : Kemenangan, kemauan, penegasan diri, kontrol yang kuat.

VIII. STRENGTH (Kekuatan) : Kekuatan, kesabaran, simpati, kontrol yang lembut.

IX. HERMIT (Mencari) : Introspeksi, mencari, bimbingan, kesendirian.

X. WHEEL OF FORTUNE (Roda Nasib) : Nasib, titik balik, pergerakan,  pasang surut.

XI. JUSTICE (Keadilan):  Keadilan, tanggung jawab, keputusan, sebab dan akibat.

XII. THE HANGED MAN (Pasrah) : Mengikhlaskan, membalikkan, penundaan, pengorbanan.

XIII. DEATH (Akhir) : Akhir, transisi, eliminasi, kekuatan yang tak tertahankan.

XIV. TEMPERANCE (Kesederhanaan) : Kesederhanaan, keseimbangan, kesehatan, peleburan.

XV. THE DEVIL (Setan) : Perbudakan, materialisme,  kecanduan, keputusasaan.

XVI. THE TOWER (Kehancuran) : Perubahan yang mendadak, pelepasan, terjatuh, pengakuan.

XVII. THE STAR (Bintang) : Harapan, inspirasi, kemurahatian, ketenteraman.

XVIII. THE MOON (Bingung) : Takut, bayangan, khayalan, kebingungan.

XIX. THE SUN (Sumber Kehidupan) : Pencerahan, kebesaran, vitalitas,  kepastian.

XX. JUDGEMENT (Perhitungan) : Masa perhitungan, dilahirkan  kembali, detail, tenggat waktu.

XXI. THE WORLD (Dunia) : Penggabungan, pencapaian, penomorsatuan, pemenuhan.

Pertama kali coba hafalkan secara urut dan menyeluruh berdasarkan nomor yang paling awal (0) sampai (21). Setelah hafal, coba Anda acak dan perlahan sebutkan dengan lang sung kata kunci begitu satu kartu keluar. Cara ini juga melatih Anda secara perlahan masuk ke 1 kartu bacaan walaupun tanpa pertanyaan.

2. Minor Arkana

Ini adalah sekumpulan kartu berikutnya yang terdiri dari 56 kartu. Minor sendiri berarti mini atau menggambarkan sifat dan tabiat manusia di kesehariannya yang sangat mungkin berubah ubah menurut situasi, kondisi, dan masalah masing masing. Dia adalah CUACA bila diumpamakan dalam kondisi udara.

Sama sebenarnya dengan Mayor Arkana, di Minor Arkana, kartu kartu ini sebenarnya juga mempunyai kata kunci tambahan berdasarkan interpretasi sendiri, berdasarkan pengamatan gambar, dan juga berdasarkan relevansi terrhadap masalah atau kasus yang sedang dibaca.

Minor Arkana terdiri dari 4 suite (rupa kartu) yang susunannya sebenarnya sama seperti Kartu Remi pada jaman sekarang, dengan penambahan JOKER masuk. (diandaikan remi sekarang maka ada JOKER Wajik, JOKER sekop, JOKER keriting dan JOKER hati).

Ketujuh delapan kartu tarot ini sekali lagi, harap ditanamkan dan dihafalkan (masuk secara sempurna di memori kita) sehingga dengan sekali panggil saja, misalkan, Three of Sword, kita sudah tahu kalau kartu itu berkata kunci tersakiti atau dikecewakan.


Lakukan secara berulang ulang dengan metode menghafal secara urut dari Ace hingga King, dari Cups hingga Pentacles (Coin). Sampai dengan metode acak, dengan cara mencampur seluruh 78 kartu itu, membagi, mengocok (memotong), dan membukanya satu persatu, hingga di keberhasilan tertentu kita bisa mengingat tanpa kartu karena itu berurutan. 

Posting Komentar

Posting Komentar